hollow


Pemasukan karya untuk kompetisi sebuah museum arkeologi di Pacitan, Jawa Timur. Konsep yang kami tawarkan ialah membuat suatu pelingkup yang lunak dan transparan, terdiri dari 4 buah 'tudung saji makanan' ,satu buah masif, dan sebuah massa lunch-box, ready to eat.

Empat buah massa elips, yang kami sebut 'hollow' berfungsi sebagai area penyimpanan, galeri, dan fasilitas. Struktur utama dari kayu dan atap teflon-coated fabric yang tahan cuaca. Ruang galeri kami tutup dengan dinding tanah liat-beton komposit.
Peletakan massa akan menciptakan ruang-ruang luar antara untuk aktivitas outdoor. Hollow sendiri pada dasarnya akan fleksibel sesuai perubahan fungsi ke depan, dengan teknik konstruksi yang relatif sederhana untuk konteks daerah Pacitan.

Dalam konsepnya yang agak serius, kami sengaja mengkontraskan material dan tekstur dengan area sekitar berupa batuan karts dan goa-goa hunian pra sejarah, oleh sebab itu kami memilih material yang lebih 'lunak', massa yang ringan, dan skala yang relatif rendah.

Ruang yang tercipta akan mengingatkan kembali ingatan kolektif kita akan sebuah naungan, puluhan ribu tahun lalu.
Satu hal yang kami sadari,, manusia telah berevolusi jutaan tahun,,namun kita tetap seorang mahkluk yang rapuh.hatinya,,
(aoaab..)

Komentar

Postingan Populer